Compact_ktt_asean_2012-setkab.go.id PHNOM PENH-Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Asean ke-21 dan KTT Asia Timur ke-7 akan berakhir hari ini (20/11) dengan sejumlah kesepakatan signifikan yang menekankan pada upaya-upaya lebih konkrit untuk meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi Asean dengan para mitra dagangnya.

Di lingkup Asean, satu kesepakatan paling signifikan adalah kesepakatan 10 negara Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Asean) untuk melaksanakan integrasi ekonomi kawasan Asean melalui skema Masyarakat Ekonomi Asean (Asean Economic Community) per 31 Desember 2015.

Sesuai jadwal, siang ini KTT Asia Timur ke-7 yang akan diikuti oleh delapan kepala negara Asean+6 (10 negara Asean ditambah China, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, Selandia Baru), juga akan dihadiri oleh Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kehadiran Presiden Obama di KTT Asean dan KTT Asia Timur ini sekaligus mengakhiri tur ke Asia Tenggara setelah sebelumnya mengunjungi Thailand dan Myanmar.

Sementara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Kepala Negara Ani Yudhoyono beserta rombongan a.l. Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Politik dan Keamanan Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Menlu Marty Natalegawa, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan esok hari (21/11) bertolak ke Pakistan untuk menghadiri KTT Developing Eight (D8).

Negara anggota D8 terdiri dari Bangladesh, Indonesia, Iran, Malaysia, Mesir, Nigeria, Pakistan, Turki. (Foto:Setkab.go.id) (msb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer